Selasa, 18 Agustus 2009

The Power of Positif Thinking

Rekan Direct Sales sekalian,

Sewaktu saya memberikan materi training, banyak dari rekan-rekan Direct Sales, menanyakan kepada saya, "apa sich Mas, kunci sukses menjadi Direct Sales yang selama ini telah Mas Denny jalankan? Lalu saya jawab: Selalu Berfikir Positif.
Seperti kita ketahui bersama, Kita umat manusia dalam hidup ini selalu dikuasai oleh 2 (dua) alam: alam sadar (concious mind) dan alam bawah sadar (sub concious mind).
Kedua-duanya selalu menyertai hidup kita, baik dalam keadaan tidur, maupun tidak.
dan, yang luarbiasanya, ternyata, alam bawah sadar (sub concious mind), menguasai secara dominan, hidup kita ini, bahkan saat kita sedang melakukan aktivitas sehari-hari..
Contoh gerakan yang dijalankan oleh alam bawah sadar (sub concious mind) adalah bernafas, mengedipkan mata, mengelak/menangkis sewaktu terkena benda yang berbahaya dan masih banyak lagi gerakan lainnya, yang secara populernya disebut gerakan refleks.
Darimana alam bawah sadar tersebut "belajar" melakukan gerakan diatas? Dari apa yang kita lihat, apa yang kita dengar, dan apa yang kita rasakan selam ini.
Semua itu, secara "otomatis" akan masuk kedalam memori otak, yang sewaktu-waktu siap untuk kembali "dilontarkan" oleh alam bawah sadar (sub conciuos mind) kita.
Contohnya: Pada suatu hari, 2 orang rekan sedang berbincang didekat kita sedang duduk. Tanpa bermaksud untuk mengajak kita bicara, dia bercerita kepada temannya, bahwa pagi ini dia melihat terjadinya kecelakaan yang membuat penyeberang jalan didepan kantor, meninggal dunia dengan luka-luka yg cukup parah.
Hal itu, secara tidak sengaja, kita dengarkan.
Pada sore hari, saat kita akan pulang dan akan menyeberang jalan didepan kantor, maka pasti, secara otomatis, cerita dari rekan kita tadi pagi akan ter-"rewind" dalam pikiran kita, sehingga pada saat menyeberang, kita akan menengok kiri dan kanan, dan akan menyeberang lebih waspada lagi.
Demikian salah satu contoh, betapa alam bawah sadar (sub concious mind) "menguasai" hidup kita.
Lalu, apa hubungannya "Selalu Berfikir Positif" dengan menjadi sukses?
Rekan sekalian,
Karena telah kita ketahui betapa besarnya kekuatan alam bawah sadar ini, maka mengapa tidak kita gunakan saja kekuatan tersebut untuk hal positif.
Ada teori yang mengatakan, You Are What You Think, Anda adalah apa yang Anda pikirkan, Jika Anda berpikir bahwa Anda Bisa, maka Anda pasti akan bisa. Atau, jika Anda befikir sebaliknya, maka pasti hal itu yang akan terjadi.
Contoh dalam pekerjaan kita sehari-hari:
Pagi ini si Fulan, akan pergi ke kantor untuk memulai aktivitasnya sehari-hari, sebagai seorang Sales. Namun, sebenarnya didalam hati kecilnya, Fulan tidak merasa yakin bahwa dia akan suses dalam menjual produknya. Tapi, karena desakan dari orang tua dan atasannya, maka akhirnya dia berangkat untuk menemui prospeknya.
Saat bertemu dengan prospek pertama, Budi, baru saja dia bicara akan menawarkan produk yang dijual, Budi buru-buru mengatakan tidak mau, karena memang Budi ini harus buru-buru berangkat meeting ke Kantor Pusatnya. Namun, apa yang ada dalam pikiran Fulan? "Tuch, khan? Susah? Buktinya, Budi saja, belum apa-apa telah menolak".
karena takut akan dimarahi atasan, tidak dapat target, Fulan mencoba lagi untuk bertemu denga klien lainnya, Amin. Klien yang satu ini juga menolak, dengan alasan belum punya uang.
Dan, apa yang dipikiran Fulan? "Tuch khan?? Saya bilang juga apa? Susah khan?" Sehingga akhirnya, dia mengajukan pengunduran diri, karena dia merasa, produk yang ditawarkannya saat ini, tidak bisa/susah untuk dijual.
Namun, coba kita tengok, Sales yang satunya lagi, Amir.
Pagi itu, dengan semangat yang menggebu-gebu, dia berangkat dari kantornya untuk bertemu dengan Ibu Anna - prospek pertamanya pagi itu.
Kejadian seperti calon kliennya Fulan, Budi, terjadi pada Amir. Tapi, apa yang ada di pikiran Amir? "Akh, kebetulan aja, Ibu Anna ini sedang ada keperluan mendadak, lain kali pasti dia mau menerima saya lagi". Lalu, Amir berangkat lagi untuk menemui prospek keduanya, Andi, ditolak juga, alasannya adalah tidak punya uang.
Namun, apa yang dipikirkan oleh Amir? "tidak mengapa, tokh, nanti, kalau Bapak Andi ini sudah punya uang, dia akan menghubungi saya"..
Karena optimisme dan pikiran positifnya, maka dia mencoba untuk bertemu dengan prospek ketiga, Bapak Anto, dimana Bapak Anto ini bersedia membeli produk yang ditawarkan oleh Amir.
Rekan sekalian,
Untuk itu, selalulah berpikiran positif, karena dengan berpikiran positif, kita akan selalu bersemangat dan Mudah-mudahan, akan mendapatkan hasil / Kesuksesan seperti yang kita inginkan.

Salam Sukses!

2 komentar:

Islam Community mengatakan...

artikel oke punya pak, jadi tersentuh dengan puisinya
buat website yang lebih serius pak dengan domain sendiri, posting artikelnya pun lebih mudah bahkan bisa dapat penghasilan tambahan dengan memasarkanya..beritakan hal ini kepada teman2.. kunjungi http://mampirngombe.com

Denny Dachlan - Sales Activator mengatakan...

Terima ksih, atas komentar dan sarannya.
Saya juga sudah lihat website-nya.
Sebetulnya saat ini saya juga telah ikut dalam programnya Mas Joko, dan mudah2an bisa jadi se expert Anda.
Salam Sukses!
Denny Dachlan - Gardu Inspirasi Direct Sales