Senin, 24 Agustus 2009

MENJADI ORANG SUKSES

Rekan-Rekan Sekalian,
Sebagai seorang Sales, kita tentunya banyak sekali menghadapi halangan, rintangan dan godaan.
Halangan, bisa datang darimana saja. Bisa dari Keluarga, teman, maupun nasabah.
Rintangan, bisa datang dari masalah ekonomi, cuaca dan sebagainya.
Sedangkan godaan, datang dari tawaran untuk bekerja di tempat lain, undangan untuk bersenang-senang yang terus berkepanjangan, dan lain sebagainya.
Begitu banyaknya hal yang menghadang rekan-rekan, sehingga hanya bagi Sales yang tangguh, fokus dan Commit-lah yang bisa melewati seluruh hal tersebut diatas.
Untuk itu, dalam kesempatan ini, Saya mencoba memberikan TIPS bagaimana caranya untuk menjadi orang yang SUKSES di bidang Sales.

TIPS 1. BERPAKAIAN YANG RAPIH.
Rekan sekalian,
Sebagai seorang Field Sales, waktu kita untuk bertemu dengan Klien adalah sangat sedikit sekali. Mengingat target market kita adalah Middle – Up, maka tentunya waktu adalah hal paling berharga buat Klien kita tersebut.
Untuk itu lah, maka kekuatan BERPAKAIAN YANG RAPIH, bisa menjadi hal yang sangat berperan pada saat kita bertemu dengan Klien.
Anda, Field Sales adalah Representative, Wakil dari Perusahaan. Bisa dibayangkan, bagaimana reaksi Klien kita apabila pada saat Janji Bertemu, penampilan kita sangat tidak baik..
Ingat Slogan sebuah iklan: “Pandangan Pertama Begitu Menggoda, Selanjutnya Terserah Anda”? Hal itu berlaku pada moment ini.
Berpakaian Yang Rapih disini maksudnya bukanlah berarti kita harus menggunakan celana atau baju yang bagus dan mahal. TIDAK!
Yang dimaksud dengan Berpakaian Yang Rapih disini adalah pakaian yang rapih, tersetrika dengan baik, bersih dan tidak berbau.
Dengan menggunakan Pakaian yang rapih, bersih dan tidak berbau, berarti kita telah menghormati Klien kita, sekaligus juga menunjukan kepada Klien kita, bahwa Anda adalah seorang Sales yang Profesional.
Menggunakan pakaian yang rapih dan pantas, juga secara tidak langsung dapat menaikkan moral serta kepercayaan kita dihadapan Klien.
Jadi, jika pada Moment ini kita sudah bisa menguasai Klien,
maka selanjutnya, terserah Anda ….

TIPS 2. USAHA SECUKUPNYA.
Rekan-rekan tentu bertanya-tanya dan sedikit bingung membaca Tips nomor 2 ini.
Usaha Secukupnya disini adalah berarti melakukan kerja keras tetapi tanpa menghalalkan segala cara. Tanpa harus sikut kiri-kanan, membohongi Klien, menyakiti hati teman dan mungkin, Keluarga Anda …..
Tetaplah focus dengan GOALS anda, tetaplah Commit dengan itu. Tetapi, sekali lagi, tanpa harus melakukan hal-hal yang terlarang …
Anda tentunya tidak ingin mendapatkan kesuksesan di dunia kerja, tetapi tidak ada satupun dari teman kerja Anda yang respek kepada Anda.
Anda tentunya tidak ingin sukses dalam pekerjaan, tetapi keluarga Anda tercerai berai karena Anda tidak atau lupa untuk memperhatikan mereka…
Ingat Rekan-rekan, uang yang berlimpah tanpa adanya dukungan dari mereka semua, maka hal itu juga sia-sia…
Jadi, tetaplah bekerja keras, tetapi dengan memperhatikan kode etik, moral dan aturan-aturan yang berlaku dimana saja Anda bekerja.
Kalau hal itu Anda lakukan, niscaya kehidupan Anda akan Bahagia.

TIPS 3. BERDOA.
Rekan-rekan, banyak diantara kita yang begitu frustasi pada saat menghadapi penolakan, musibah ataupun hal-hal lain yang tidak mengenak-an.
Maka, DOA adalah solusi dari saat-saat seperti ini.
Dengan berdo’a, maka kita akan kembali tersadarkan, bahwa semua yang ada didunia ini sudah ada yang mengaturnya. Sekuat apapun kita, manusia, menghadangnya, akan tetapi, apabila Yang Maha Kuasa telah menentukan, maka hal tersebut tidak akan bisa berubah. Sehingga apapun yang telah Anda alami pada hari ini, Anda tidak akan frustrasi dan mengeluh.
Do’a juga bisa menjadi sarana curhat yang Aman untuk kita, Yang Maha Kuasa diatas sana, tentunya tidak akan mentertawakan kesedihan ataupun kegalauan hati Anda.
DIA tidak akan menjelek-jelekan ataupun menyalahkan Anda, dan pasti akan membantu Anda.
Ingat: Tuhan tidak akan merubah nasib seseorang tanpa adanya usaha dan doa dari orang tersebut.
Sebelum pergi kerja, biasakanlah untuk selalu meminta doa dari keluarga dirumah, begitu juga di kantor, mintalah doa dari leader dan teman-teman Anda, sebelum melangkah menemui Klien.
Minimal, hal ini akan membuat Anda tambah yakin dan tenang dalam menghadapi Klien.

Demikian Rekan-rekan, Semoga hal ini bermanfaat dan bisa membuat Anda menjadi lebih SUKSES lagi dibandingkan sebelumnya.

SALAM SUKSES!
Denny Dachlan - Gardu Inspirasi Direct Sales